Friday, November 27, 2009

Peringatan HGN 2009 Tingkatkan Profesionalitas dan Kesejahteraan Guru



Puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-64 2009 Tingkat Jawa Barat kali ini, diperingati dengan menggelar upacara yang diadakan di halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro Bandung, dan bertindak sebagai pembina upacara adalah Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Lc, Rabu ( 25/11) lalu.
Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan Nasional RI, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA yang dibacakan Gubernur Jabar mengatakan, Sudah menjadi kesadaran pemerintah dan kita semua, bahwa guru merupakan faktor penentu utama proses pendidikan dan pembelajaran. Hanya dengan sentuhan guru profesional yang bermartabat, terlindungi dan sejahtera, anak-anak bangsa akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan bermutu.” Oleh karena itu, secara sungguh-sungguh, pemerintah baik pusat maupun daerah terus berupaya memberdayakan guru agar benar-benar tumbuh dan berkembang secara profesional dengan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan dan perlindungan bagi mereka sesuai UU No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru,” ujar Gubernur.
Selain Gubernur Jabar, hadir pula dalam upacara tersebut, Unsur Pemerintahan Prov. Jabar, Unsur Disdik Jabar, Para Pengurus PGRI Jabar, dan sejumlah undangan lainnya.
Menurut Gubernur, saat ini pemerintah sedang mendisain pola pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru-guru di seluruh tanah air. Dengan pola ini, diharapkan kompetensi dan kinerja guru terus meningkat sejalan dengan peningkatan jenjang jabatan fungsional dan pengalaman kerjanya,” disadari, tidak mudah menyediakan guru yang profesional dalam jumlah yang mencukupi. Ketidak cermatan dalam proses rekuitmen calon guru, proses penyiapan calon guru di jenjang pendidikan prajabatan (preservice training) hingga proses supervisi kinerja guru merupakan siklus yang perlu dibenahi dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, eksistensi asosiasi atau organisasi profesi guru sangat dinantikan dedikasinya untuk bisa menjadi mitra pemerintah guna bersama-sama meningkatkan kemampuan profesional guru dan kesejahteraan guru, demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan, disamping itu pula bagi guru-guru yang telah memiliki sertifikasi profesi, pemerintah juga akan memberikan tunjangan profesi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan guru, baik guru negeri maupun swasta,” jelas Gubernur.
Pada akhir sambutannya Gubernur menyampaikan pula harapannya kepada para guru dan semua pemangku kepentingan agar dapat bersungguh-sungguh meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran dalam rangka menyiapkan SDM Indonesia masa depan yang lebih cerdas, beriman, bermartabat, terampil dan kompetitif dalam memasuki percaturan global.

No comments:

Post a Comment