Friday, November 27, 2009

Gubernur Jabar: Pasokan Hewan Kurban tahun ini Bebas Penyakit


Tidak seperti tahun kemarin, jumlah hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1430 Hijriyah, yang di bagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerima khusus untuk Kota Bandung sekitar 3658 ekor sapi dan 19.003 ekor kambing ditambah bantuan gubernur sebanyak 495 ekor sapi dan kambing serta dari Walikota Bandung berjumlah 851 ekor. Usai melaksanakan Shalat Ied di Lapangan Gasibu, Jl. Diponegoro Bandung bersama sejumlah unsur muspida Jabar dan kota serta warga masyarakat kota Bandung, Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, Lc., beserta ibu melaksanakan pula acara penyerahan hewan qurban berupa seekor sapi yang beratnya 1 ton kepada dewan keluarga Masjid Agung Bandung yang selanjutnya akan dibagikan secara merata kepada 3000 orang lebih warga yang berhak di wilayah tersebut, jum'at (27/11) lalu.
Setelah itu, Gubernur beserta keluarga melakukan penyembelihan hewan qurban juga di kediaman Dinas Gedung Pakuan Jl. Cicendo Bandung, tepatnya dihalaman belakang. Pada kesempatan tersebut Gubernur yang di dampingi ibu Netty Heryawan menyembelih 4 ekor hewan diantaranya 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dalam penjelasannya kepada para wartawan, bahwa "untuk tahun ini, tidak ada kendala yang luar biasa bagi penyediaan hewan qurban hanya penyakit-penyakit biasa karena cuaca," ujar Gubernur.
Yang sebelumnya telah memotong 3 ekor kambing.
Gubernur menambahkan kedepan, pasokan hewan qurban dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh Wilayah Jabar dan dalam keadaan sehat," harap Gubernur.
Acara dilanjutkan dengan beramah tamah dan makan bersama para wartawan.
Dalam kesempatan yang sama, DKM At'Taqwa RW.08 Jl. Kebon Sirih no.18 Bandung melaksanakan penyembelihan pula sekitar 24 ekor kambing dan 1 ekor sapi.
Departemen Peternakan Jabar, sebelumnya telah memberikan pelatihan selama satu minggu kepada para panitia kurban se-Jabar. Mereka diajarkan bagaimana menyembelih hewan kurban yang benar, memberlakukan hewan dan mengecek kesehatan hewan agar tidak terjadi lagi berbagai macam penyakit hewan yang berat.

No comments:

Post a Comment